Friday, August 10, 2018

Cara Memilih Reel BC Yang Tepat


Peralatan casting yang menjadi salah satu ciri khasnya adalah reel BC yang satu paket dengan joran bc tentunya. Nah saat ini ada 3 macam reel BC berdasarkan sistem pengeremannya atau brake systemnya yaitu Centrifugal, magnetic dan double brake. Bagaimana kita memilih jenis reel bc yang tepat bagi kita, berikut ini akan kami ulas Cara Memilih Reel BC yang tepat agar kita lebih nyaman dan maksimal dalam penggunaannya.

Pertama kenali karakter diri anda sendiri terlebih dahulu, apakah anda cenderung kalem ataukah orang yang aga keras. Jika anda kesulitan coba anda padukan dengan profesi anda sehari hari. Jika anda pegawai swasta non kantor dan lebih banyak beraktivitas kerja diluar ruangan makan jenis reel  bc centrifugal akan lebih tepat sebagai pilihan dalam membeli reel BC. Mengapa? Karena pada sistem centrifugal dibutuhkan tenaga yang setara dengan jarak yang akan kita jadikan target lemparan dan jenis ini lebih condong untuk longcast dengan penggunaan tenaga yang lebih banyak terkuras.

Sedangkan jenis kedua adalah jenis reel bc magnetic akan lebih pas jika digunakan oleh orang-orang yang lebih banyak berada dan bekerja dibelakang meja dimana lebih kalem dan tidak butuh extra energi namun harus tepat dalam penyetelan reel serta tepat dalam mengeluarkan tenaga saat melemparkan umpan ke titik target. Para generasi tua juga cocok dengan reel bc jenis ini.

Yang ketiga tentu lebih pada anggaran yang akan dikeluarkan karena jenis reel bc double brake harganya lebih mahal dari kedua jenis diatas namun kini mulai hadir pada harga menengah. Nah untuk double brake merupakan perpaduan dari kedua jenis diatas tinggal kita memilih mana yang akan diaktifkan sistemnya sesuai dengan karakter diri kita masing-masing karena tidak semua sistem bisa berjalan semua pada saat yang bersamaan.

Memang pada dasarnya paling mudah jika menggunakan jenis reel bc magnetic brake untuk belajar agar tidak mudah backlash asalkan didampingi mentor yang berpengalaman sehingga dapat memberikan panduan yang tepat dalam penggunaan reel bc. Kami sarankan agar jika anda pemula Cara Memilih Reel BC supaya lebih mendalami dan mencari informasi yang lengkap terlebih dahulu.

Sebelum membeli reel BC sebaiknya anda juga memahami bagian-bagian dari reel BC yang rawan rusak yaitu:

  1. Thumb Bar bagian penekan jempol ini merupakan paling sering rusak dikarenakan pecah terlebih untuk bc kelas bawah yang biasanya hanya berbahan plastik biasa sehingga rawan apalagi jika sering digunakan dengan jam uncal tinggi. Salah satu solusinya mengganti dengan kanibalan dari reel bc yang sama karena sparepart nya jarang sekali dijual terpisah
  2. Pawl dan Line Guide, bagian dimana benang keluar dari spool reel BC ini terdiri atas 1 set yaitu pawl yang bergerak kanan kiri berupa jarum bulan sabit dan diatasnya terdapat line guide dengan bagian berlobang sebagai jalan benang keluar. Rata-rata dalam 1 tahu jarum bulan sabit akan terkikis karena pemakaian dimana biasanya dari bahan kuningan sehingga butuh perawatan pelumasan secara berkala dan dibersihkan dari kotoran sehabis aktivitas casting.
  3. Bearing alias laker yang berfungsi memuluskan perputaran pada spool reel saat diputar. Bearing ini lebih mudah diganti karen sudah banyak seller online yang menyediakan apalagi jika anda ingin upgrade agar lemparan lebih jauh. Bisa juga datang ke toko bearing jika anda menginginkan dengan membawa contoh yang sudah ada di dalam reel.
  4. Tension Knob, putaran untuk menyetel longgar rapatnya spool ini seringkali hilang saat asik melakukan casting. Jika hilang anda bisa membeli atau mencari kanibalan pada group jual beli alat baitcasting atau datang saja ke tukang bubut besi untuk dibuatkan,

Untuk melengkapi informasi diatas silahkan baca juga Cara Memilih Joran BC yang Tepat agar anda lebih pas dalam menentukan settingan alat.
Sedangkan untuk longcast dengan reel BC akan dapat anda capai jika anda sudah terbiasa tanpa backlash dan anda dapat mendapatkan jarak maksimal dengan joran yang panjang semisal 198cm serta memperkecil ukuran diameter benang PE anda dengan umpan standar, dan jelas tenaga yang berperan disini maka kami rekomendasikan untuk memilih jenis reel bc centrifugal yang lebih ramah terhadap terpaan angin dari depan dibandingkan jenis reel bc magnetic yang akan otomatis backlash jika terkena terpaan angi dari arah depan.

Backlash adalah lagu wajib penggunaan reel BC

Untuk cara mengatasi backlash ada beberapa tips dibawah ini yang bisa anda coba:

Pertama setelan pengereman disesuaikan jika reel bc magnetic cobalah dari angka terbesar kemudian sedikit demi sedikit digeser ke angka kecil, untuk reel bc centrifugal anda aktifkan 2 pin atau angka 2 terlebih adhulu. Jika sudah mulai lancar perkecil angka dan tambahkan tenaga untuk melempar sesuai dengan jarak yang diinginkan.

Kedua adalah setelan knob tension pada posisi rapat terlebih dahulu setelah lancar kurangi dan longgarkan sedikit demi sedikit hingga sesuai dengan berat umpan.

Ketiga akan lebih aman jika untuk permulaan menggunakan diameter ukuran PE aga besar misal PE3 jika sudah yakin lancar gantilah yang agak kecil agar lebih jauh jarak lemaparan anda.
Sesungguhnya tidak sulit dalam mengatasi backlash asalkan ada niat serius dari diri anda sering bertanya dan berkumpul dengan pengguna bc lainnya akan sangat membantu. Intinya hanyalah masalah kepercayaan diri sendiri.

Saat inipun akan lebih mudah belajar casting dengan reel bc karena sudah banyak komunitas casting hampir di setiap kota kabupaten di seluruh Indonesia terutama di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Nah demikian tadi sedikit ulasan mengenai Cara Memilih Reel BC yang tepat untuk dibeli, semoga informasi ini bisa bermanfaat.Jika anda mengalami kesulitan silahkan bertanya dengan mengisi kolom komentar dibawah tulisan ini dan akan kami jawab sesuai dengan apa yang kami ketahui agar bisa membantu anda untuk lebih mengenal alat pancing terutama reel BC.

No comments:

Post a Comment