Wednesday, August 1, 2018

Cara Memilih Joran Casting Yang Tepat

Joran BC

Joran adalah salah satu faktor penting dalam memancing khususnya casting. Joran untuk casting ada beberapa macam pilihan menurut ukurannya, mulai dari Extreme Ultra Light (1-3Lbs), Ultra Light (2-6Lbs), Light (3-12Lbs), Medium (8-17 Lbs) dan Medium Heavy (10-20Lbs). Perbedaan mencoloknya pada tingkat ketahanan untuk menahan berat dan tenaga ikan. Ada 2 macam joran untuk cating yaitu tipe Spinning dan BC. Hal ini tentu untuk pasangan reel yang sesuai. Bagaimana jika reel BC dipasangkan joran spinning? Jika anda dalam keadaan darurat okelah bisa dengan resiko joran akan patah karena backbonenya tidak sesuai (lengkungan) dan tentu juga kurang nyaman karena tidak terdapat triger/pelatuk untuk penyeimbang pada joran saat melemparkan umpan tiruan.
Setiap joran pasti ada tulisan angka pada bagian pangkal sebagai setelan yang pas untuk memadukan dengan alat lainnya seperti benang/senar, umpan dan target ikan yang sesuai. Ada juga kode 602 misalnya, ini berarti panjang 6 kaki dengan 2 section atau sambung 2bagian. Atau 662 yang artinya panjang 6 kaki 6 inchi setara 198cm dengan model sambung 2 bagian.
Perbedaan mendasar antara joran BC dan spinning adalah Trigger. Tanduk ini berfungsi sebagai penyeimbang reel bc ketika melemparkan umpan ke titik target. Posisi ring guide yang berada diatas tentu saja memberikan efek lengkungan berbeda dengan joran spinning. Backbone pada joran BC berkebalikan dengan tipe spinning. Jadi jangan pernah ada lagi pertanyaan apakah joran spinning cocok dipasangankan dengan reel BC..saya jawab TIDAK
Reel Seat Joran BC dan Spinning

Panjang joran juga memperngaruhi jarak lempar. Pada umumnya joran casting adalah 180cm(602),198cm (662) dan 210cm(702) namun ada juga ukuran 170cm(562) tinggal penyesuaian penggunaan pada spot yang seperti apakah joran dengan ukuran yang dipilih. Untuk cover area luas semakin panjang joran akan semakin bagus karena mengejar titik target yang biasanya berada di tengah jika kita landbase casting. Namun untuk cover area gunakan ukuran 170cm atau bahkan 150cm dengan tipe lenturuntuk memedahkan dalam berakselerasi diantara pepohonan.

Saat ini banyak ditawarkan berbagai macam model joran dengan harga yang bervariasi mulai dari 200rb hingga jutaan rupiah. Bahan terbaik tentu carbon yang ringan namun kuat untuk menahan tarikan ikan, ada juga bahan campuran graphite yang bagus dan kuat namun sedikit aga berat. Ada 2 type jenis carbon yaitu solid carbon dan hollow carbon. Untuk casting yang nyaman pilih saja hollow carbon karena ringan mudah dibawa. Untuk solid carbon biasanya tersedia model one piece yang agak ribet untuk dibawa kemana-mana karena terlalu panjang kecuali anda membawa mobil.
Bisa juga anda membuat sendiri joran sesuai keinginan dengan cara custom, yaitu membeli blank mentah, ring guide, reel seat,busa eva dan tinggal merakit dan melilit benang saja. Bisa juga meniru dari joran-joran yang sudah ada.Jika ada pertanyaan silahkan berikan di kolom komentar agar saya dapat memberikan jawaban dari pertanyaan anda di bawah ini.

No comments:

Post a Comment