Thursday, October 4, 2018

Tegeg Joran Untuk Nyobok

Tegeg 360cm siap pakai

Sebagai pemancing tentu kita pastilah hafal dengan istilah joran sebagai salah satu piranti wajib dalam kegiatan memancing. Ada berbagai macam jenis joran (walesan bhs Jawa) yang digunakan sesuai dengan cara dan tehnik mancing yang digunakan. Mulai dari model One Piece, 2 Section, Telescopic dan satu lagi disebut Tegeg. Khusus untuk tegeg adalah jeni joran dengan model telescopic yang bisa mempunyai panjang hingga 7 meter. Joran Tegeg biasanya digunakan untuk ngoyor/nyobok. Ikan target dengan joran tegeg biasanya adalah Nila, Tombro bahkan Baronang. Kali ini akan kita ulas mengenai Tegeg Joran Untuk Nyobok yang tepat sesuai dengan tehnik Nyobok yang berkembang.
Pemilihan panjang joran tegeg untuk mancing nyobok sebenarnya tidak ada standart khusus hanya saja memang rata-rata menggunakan panjang 360 cm keatas. Hal ini agar dapat menjangkau titik yang lebih jauh dari tempat kita berdiri saat nyobok dan tidak memberikan dampak gangguan kepada rombongan ikan Nila yang menjadi target mancing kita. Untuk Waduk luas seperti Waduk gajah Mungkur dan Waduk Kedung Ombo rata-rata penggunaan tegeg 450 cm merupakan hal mutlak. Selain lebih panjang jika memang kita inginkan dapat diperpendek sesuai kebutuhan. Bahkan pada situasi tertentu joran dengan panjang 7 meterlah yang menjadi pilihan.
Jika anda membeli tegeg ada 2 pilihan yaitu bentuk mentah tanpa marit/ring guide ataupun yang sudah siap pakai. Tentu harga berbeda walaupun barang sama. Harga tegeg siap pakai bisa 2X lipat dari harga tegeg mentah karena biaya untuk memasang dan menyetel pemakaian marit berkisar antara 50-75 rb rupiah. Jika anda ingin custom sendiri maka ada 2 pilihan setelan pada tegeg yaitu kaku atau mentul/lentur.

Pemasangan Marit/kolongan pada Tegeg
Baca juga Jasa Setting Tegeg Solo Raya
Saat inipun sering ada jual-beli tegeg seken yang harganya tentu lebih murah dari harga barunya, hanya saja mungkin kondisi tidak sebaik ketika membeli barang baru. Anda pun bisa memesan tegeg pada toko pancing langganan anda jika memang barang tersebut belum ready stock. Biasanya joran tegeg menjadi buruan ketika musim mancing lumut sedang bagus seperti saat musim penghujan dimana barang tersebut laris manis dipasaran. Bahan carbon adalah bahan terbaik untuk tegeg namun juga mempunyai resiko tinggi jika digunakan pada saat musim hujan apalagi jika banyak petir. Bahan Carbon paling ringan untuk digunakan tetapi sebagai bahan penghantar listrik usahakan jangan dipake dan digunakan bila langit terlihat mendung dan berawan. Utamakan keselamatan diri daripada kesenangan diri anda. Sudah banyak contoh pemancing tersambar petir karena penggunaan tegeg carbon semoga bisa jadi peringatan dan penginggat untuk anda sekalian. Demikian ulasan mengenai Tegeg Joran Untuk Nyobok semoga bermanfaat bagia anda semuanya.

No comments:

Post a Comment