Wednesday, August 1, 2018

Cara Membuat Mini Popper Sederhana dan Mudah


Salah satu umpan Hampala yang menjadi pilihan adalah mini popper. Jika anda kesulitan untuk membeli bisa saja membuat sendiri umpan mini popper dari bahan dasar kayu. Hampir semua jenis kayu bisa dipakai namun pilih jenis kayu yang mudah mengapung karena pada dasarnya mini popper adalah umpan top water alias berada diatas permukaan air.Untuk panduan cara membuat mini popperakan saya jelaskan dalam ulasann kali ini dan semoga bisa menjadi inspirasi bahwa membuat sendiri umpan tiruan itu menyenangkan dan mudah.

Pertama kita siapkan alat dan bahan. Untuk bahan dasar tentu saja kayu, kawat stainless steel,lem korea, cat semprot dan split ring serta trible hook. Sedangkan peralatan yangdigunakan antara lain cutter, gergaji kecil, amplas kasar dan halus serta mata bor untuk memberikan cekungan padabagian depan umpan tiruan.

Langkah kedua setelah bahan dan alat siap kita mulai dengan membentuk pola yang diinginkan dan menggambarknya pada kayu. Setelah itu potonng dan iris kayu sesuai pola yang sudah kita gambar tadi. Jika anda kesulitan untuk menggambar pola maka contoh saja gambar mini popper yang sudah ada atau sesuai dengan daya kreasi anda sendiri.Setelah bentuk pola terbentuk atau disebut bentuk kasar maka haluskan dengan amplas agar sisa potongan menjadi rapi. Jangan lupa buatlah tempat untuk menanam kawat stainless steel bisa dengan cara di bor atau digergaji. Buatlah lingkaran pada 3 bagian kawat tadi sebagai tempat spling ring yaitu depan, tengah dan belakang. Setelah itu tutup dengan lem korea agar kawat bisa tertanam dengan kuat dan tidak lepas. Jangan lupa buatlah cekungan pada bagian depan dengan mata bor sebagai tempat keluarnya splash air yang merupakan ciri khas mini popper. Berikan timah pemberat pada bagian dalam dari popper tadi agar beban lebih berat dan bisa longcast.

Setelah itu tutp semua pori kayu yang sudah berbentuk setengahjadi dari mini popper tadi dengan melapisi lem korea. Keringkan dan amplas dan lapisi kembali agar lebih halus. Baru setelahnya gunakan cat semprot untuk memberikan corak yang diingikan sesuai selera. Ukuran mini popper biasanya mulai dari 3cm, 5cm,7cm dan 9cm untuk ikan hampala jika anda gunakan untuk laut bisa diperbesar ukuran dan beratnya saja.

Membuat sendiri mini popper sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak uang. Untuk satu buah mini popper cuma butuh uang sekitar 30rb dan bisa dibuat 10-20buah. Tentu anda tertarik apalagi jika dijual kembali kepada kawan sehobi. Menarik bukan? Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment