Tuesday, August 14, 2018

Cara Membuat Umpan Spoon Sederhana

Spoon

Dalam bahasa Inggris spoon berarti sendok, hal ini sesuai dengan apa yang terlitas dalam benak kita saat pertama kali melihat bentuk umpan tiruan yang satu ini. Ya spoon memang pada awalnya hanya dibuat dari bahan sendok makan dimana memiliki bahan stainless steel yang tidak mudah berkarat. Nah kali ini akan kita ulasan Cara membuat umpan spoon secara sederhana sesuai dengan kata pembuka diatas tadi.
Untuk bahan cukup anda siapkan 1 buah sendok teh untuk membuat lure spoon ini. Potong pada bagian gagangnya dan jangan dibuang karena gagang sendokpun bisa kita gunakan juga untuk membuat umpan spoon dengan model lainnya. Potong dan rapikan bekas potongan gagang tadi dengan gerinda dan lubangi bagian ujung keduanya dengan mata bor metal agar lebih mudah. Setelah itu tinggal pasang ring split dan trible hook untuk bagian belakang dan rollin swifeel untuk bagian depannya. Selesai. Mudah sekali bukan.
Sedangkan sisa gagang tadipun bisa kita beri tekukan pada kedua sisinya sehingga nantinya bisa gunakan sebagai spoon lainnya. Lubangi kedua ujung gagang tadi dan lakukan sama seperti model pertama dengan menambahkan ring split hook dan ring split rollin swivel. Kenapa harus pake rollin swivel? hal ini untuk mencegah melintirnya benang PE pada saat kita casting, lebih bagus lagi pasang tali leader sepanjang 1,5X panjang joran anda agar putaran spoon tidak mengakibatkan benang PE melintir dan rawan kusut pada akhirnya.
Cara lain untuk membuat spoon secara sederhana adalah dengan plat atau lempengan besi kuningan. Kenapa dipilih kuningan, karena silau dari bahan kuningan terlihat lebih alami di mata ikan dan tidak begitu mencolok sehingga Hampala akan lebih yakin untuk menyambar umpan spoon anda. Bahkan ikan gabuspun sangat menyukai spoon berbahan kuningan ini. Cara membuat umpan spoon bahan kuningan adalah membuat pola pada lempengan plat tadi dengan spidol. Pilih ukuran ketebalan 0.5-0,8 mm agar lebih bagus atau sesuai selera yang anda inginkan. Stetelah dipotong lapisi dengan kain potongan tadi dan beri alas sendok makan kemudian pukul bagian atas kain agar membentuk cekungan dan bekas pukulan tetap halus dan tidak berbekas. Jangan lupa lubangi kedua ujungnya dan pasang pelengkap lainnya dan umpan spoon siap untuk casting ikan Hampala atau ikan predator lainnya.
Nah demikian tadi ulasan Cara Membuat Umpan Spoon secara sederhana namun hasilnya  tidak mengecewakan. Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan ilmu ini supaya teman lainnya bisa ikut berkreasi dan menjadi lebih banyak teman ikut casting. Semoga bermanfaat. Salam Lure maker.

No comments:

Post a Comment