Saturday, August 4, 2018

Cara Memilih Reel Mancing


Ada banyak macam reel mancing yang tersedia di pasaran dengan bermacam bentuk dan kegunaan. Pada dasarnya pembedaan hanya pada kapasitas spool reel yang berpengaruh kepada berapa isi senar/benang yang dibutuhkan. Sebagai contoh jika anda ingin casting maka cara memilih reel yang dibutuhkan antara kelas 1000 hingga 2000 saja agar lebih ringan dan mudah bermanuver dalam melemparkan umpan tiruan. Namun jika anda memilih jenis reel BC maka kelas 71 hingga 201 cocok sekali diaplikasikan tergantung ukuran PE yang akan anda gunakan.
Berbicara mengenai Cara Memilih Reel untuk mancing yang tepat anda juga harus memahami mengenai ratio gear yang akan berpengaruh pada seberapa cepat anda dalam memasukkan benang ke spool. Untuk reel spinning rata-rata memiliki ratio 5:3:1 sedangkan untuk BC ada ratio 6:3:1, 7:3:1 hingga model terbaru yang beratio 8:3:1. Ratio artinya setiap 1 kali putaran handle akan memutar gear dalam sebanyak angka tengah dan akan memutar spool sebanyak angka depan. Misal 7:3:1 maka 1x putaran handle reel 3x putaran gear dan 7 kali putaran spoolnya.
Untuk saat ini banyak sekali jenis reel spinning yang ditawarkan salah satu ciri khas reel casting model spinning adalah pilih yang handle tidak mudah rusak sebagai contoh reel Shimano Sienna atau bisa juga yang sudah power handle seperti Ryobi Ultra Power. Jangan memilih jenis reel yang handle dapat dilipit karena akan mudah rusak dikarenakan dalam casting perputaran handle akan terus dilakukan saat beraktivitas berbeda jika kita mancing model dasaran.
Untuk reel BC saat ini anda juga tidak terlalu sukar untuk mendapatkannya, harga bervariasi mulai dari 300rb an hingga jutaan ada di toko online dan juga toko-toko pancing karena casting sudah mulai banyak dikenal di kalangan pecinta dunia mancing. Ada 2 sistem pengereman yaitu centrifugal dan magnetic yang umu dijual. Untuk model double Brake hanya pada reel dengan harga diatas 1 jutaan. Pilih reel bc sesuai dengan anggaran saja jangan memaksakan diri sebelum paham benar cara memakai reel bc agar anda tidak  kecewa.

Jenis spinning kelas 500,800 dan 1000 kini juga menjadi incaran karena makin maraknya casting Ultra Light dengan benang PE micro dimana untuk mengisi kelas spool yang kecil dibutuhkan benang yang tipis. Tentu juga dibarengi dengan joran yang sesuai dengan kelasnya. Merk yang paling banyak digunakan di kelas ini adalah Shimano Sienna dimana harganya masih dibawah 500rb dan cukup lumayan untuk kelas ini. Sedangkan merk lain semisal okuma Ceymar C-10, Ryobi Ultra Power dan Ryobi Micro Power juga menjadi langganan berikutnya.
Jika anda penghobi mancing lain seperti popping, jigging anda dapat memilih reel diatas kelas 4000 agar muat benang yang banyak demi mengantisipasi gerakan ikan yang akan lebih agresif di laut. Kedalaman lautpun jadi penentu pemilihan reel yang pas untuk tehnik jigging. Rata-rata memilih spool besar diatas 4000 untuk jigging di laut selatan pulau Jawa untuk laut Jawa sendiri dengan reel ukuran 3000 mungkin masih mampu dimana kedalaman masih berkisar 60-80m dibawah permukaan laut.
Nah silahkan berkonsultasi dengan toko pancing langganan anda agar lebi puas dalam penjelasannya atau berikan komentar dan pertanyaan pada kolom dibawah ini agar bisa nanti saya bantu untuk memberikan jawaban dalam pertanyaan anda.

No comments:

Post a Comment