Monday, September 17, 2018

Kegiatan IMCS Tahun 2017-2018

Sebagai salah satu komunitas mancing yang terus berkembang maka Ikatan Mancing Casting Sukoharjo selalu aktif mengikuti dan mengadakan kegiatan seputar mancing baik secara internal group ataupun bergabung bersama komunitas mancing lainnya. Berikut ini kami hadirkan beberapa Kegiatan IMCS Tahun 2017-2018 yang telah kami rangkum secara eklusif hanya untuk para pembaca setia blog ini. Berikut ulasannya:

Lomba Casting Telaga Claket Sendang Ijo Selogiri Wonogiri:


IMCS meramaikan lomba casting di Telaga Claket

Telaga Claket adalah sebuah telaga alami yang berada dibawah kaki perbukitan di Selogiri atau lebih tepatnya di Desa Sendang Ijo, Selogiri. Jika anda pernah mendatangi bendungan Dam Colo di Nguter maka diseberang selatanlah letak lokasi telaga Claket ini dengan menyeberangi jembatan bendungan Colo ke arah timur.
Sendang Claket saat ini sedang berbenah untuk menjadi tujuan Wisata yang dikelola oleh Karang Taruna setempat. Selain sebagai tujuan wisata lokal dengan menawarkan pemandangan alam di Telaga Claket kini juga difungsikan sebagai arena dan spot pemancingan. Untuk menikmati pemandangan di sekitar Telaga Claket dan photo selfi hanya dikienakan biaya 10000 rupiah per orang, atau jika anda pengen mengabadikan momen Pre Wedding bisa menghubungi pengelola dengan biaya 100 ribu untuk sesi photo pre Wedding. Untuk menegenalkan Telaga Claket sebagai spot pemancingan langkah pertama yang dijalankan oleh pengelola adalah dengan mengadakan Lomba Casting serta lomba memancing di Telaga Claket ini yang digelar pada hari Senin 24 April 2017.
Lomba casting yang sebagian besar pesertanya adalah anggota Ikatan Mancing Casting Sukoharjo dilaksanakan sebagai sarana untuk mempromosikan Telaga Claket sebagai spot casting terbaru di wilayah Solo Raya yang menjanjikan strike ikan predator, antara lain ikan Gabus, ikan Hampala serta ikan bawal. Turnament casting ini sekaligus sebagai peresmian dibukanya kembali Telaga Claket sebagai spot mancing dengan sistem Catch And Release.
Untuk event perdana turnament casting kali ini yang diikuti sebanyak 17 peserta  dari Wonogiri, Sukoharjo dan Solo adalah langkah awal pengelola untuk menarik minat castinger dan pemancing untuk mempromosikan Telaga Claket ini. Dengan pendaftaran sebesar 25 ribu rupiah dan hadiah utama sebesar 300 ribu rupiah serta aneka hadiah doorprize membuat event lomba kali ini terasa meriah.
Salah satu anggota IMCS bersama joran hadiah doorprize
Lomba yang dimulai pukul 9 pagi dan berakhir pada pukul 1 siang ini akhirnya dimenangkan oleh Guritno (Inok) dari Sukoharjo yang berhak atas uang pembinaan sebesar 300 ribu, disusul oleh Roberto Fernando Delgado (Ibnu) dari Palur sebagai juara kedua berhak atas uang pembinaan 200 ribu, Juara ketiga oleh Bolang (Anang) Sukoharjo berhak atas uang 100 ribu, juara ke empat Setyo Kuntoro dengan hadiah uang pembinaan 50 ribu dan juara kelima kembali pada Roberto dengan hadiah 25 ribu rupiah.
Lomba inipun ditutup oleh strike perdana Guritno dengan Bawal seberat 1.18 kg dimana untuk strike awal lomba dibuka oleh Farif dari Solo dengan ikan Baung/Sogo seberat 0.1kg. Yang menarik adalah ketika pada 1 jam terkahir terjadi saling susul strike ikan terberat antara Anang, Roberto dan akhirnya dimenangkan oleh Guritno. Akhir cerita pada 5 menit terakhir Bawal Guritnolah yang berhasil memenangkan ikan terberat.Selain hadiah utama berupa uang pembinaan juga tersedia beberapa doorprize antara lain joran, aneka lure dan alat pancing.

IMCS mengikuti Kopdar Ultah JMM ke 4 di Jembatan Biru Rawa Pening Salatiga


IMCS dalam jersey kuning 2017
Pada hari Minggu 21 januari 2018 akhirnya digelar Acara Kopdar Ultah JMM Jateng Mancing Mania yang ke 4 sekaligus berkolaborasi dengan MMA Mancing Mania Ambarawa. Setelah pendaftaran selama 2 minggu lebih akhirnya sebanyak 440 peserta datang dan hadir dalam acara tersebut termasuk IMCS sebagai salah satu undangan dengan membawa peserta sebanyak 30 orang dari wilayah Sukoharjo, Solo dan Karanganyar yang berangkat dengan motor dan 3 mobil.
Dalam perjalanan rombongan IMCS start dari Sukoharjo pukul 2 dini hari dan sempat melibas hujan yang turun setelah memasuki kota Boyolali. Dalam perjalanan pun sempat sedikit kebablasan menuju titik kumpul acara yaitu di Jembatan Biru Rawa Pening Salatiga, namun pada akhirnya setelah mengontak salah satu teman IMCS Salatiga akhirnya rombongan pertama yang saya pimpin sendiri tiba di lokasi pas saat adzan subuh disusul kemudian oleh rombongan ke 2 yang dikomendani oleh pakdhe Simbez Castinger sebanyak 8 orang.

IMCS hadir di Kopdar JMM di Jembatan Biru Rawa Pening Salatiga
Baru setelahnya tiba rombongan motoran "tim Siluman" yang dipimpin oleh Erix dari IMCS Solo Baru. Setelah sedikit agak siang 4 senior IMCS pun hadir dengan mobil dipimpin oleh Lek Wari. Ketika acara sudah berjalan bertemu dengan Tony Nyonyo dan Fharief yang ternyata salah tempat parkir walaupun berdekatan dan disusul duo maut Ardhi dan Bramasti.
Jersey IMCS 2017
Acara Kopdar Ultah dihadiri oleh 440 peserta dari berbagai kota antara lain Banjarnegara (Go Fishing Serayu), Pekalongan (Capek), Kendal (KFC), Temanggung (PA team dan Garasi Fishing), Tim Blunthek Pati, Jepara Fishing Club dan komunitas mancing casting lainnya. Acara terasa meriah dengan candaan dan guyonan antar sesama castinger tak lupa diselingi acara photo-photo selpi. Acarapun berjalan lancar hingga pukul 12 siang saat istirahat sekaligus menuju acara inti perayaan Ultah JMM. Ketua MMA dan JMM pun saling memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada para peserta Kopdar JMM yang hadir siang itu. Pengumuman Juara Gabus Terpanjang akhirnya diraih oleh adik kita Saka dengan perolehan gabus monsternya dan berhak mendapatkan 1 buah reel  BC dari sponsor.
IMCS bersama castinger Jawa Tengah
Disela-sela pengumuman hadiah doorprize yang melimpah acara tersebut juga menggelar donasi untuk putra salah satu anggota JMM yang dirawat karena kecelakaan yaitu putra dari Bapak Bima Aji, dan donasi diserahkan secara langsung kepada beliau karena solidaritas sesama anggota JMM karena sesama pemancing adalah sodara. Dengan haru dan berkaca-kaca beliau menyampaikan terima kasih atas bantuan donasi dari JMM secara spontanitas tersebut.
Istirahat sambil menunggu doorprize
Acara pun disertai gelak tawa dan canda karena tingkah lucu beberapa anggota JMM yang terkenal mbanyol dan geeer massal pun terjadi. Sesi selanjutnya adalah photo kenangan setiap group yang hadir termasuk dari IMCS.

Kopdar IMCS 2018 di Jembatan Tugel  Pokoh Wonogiri:

Dalam rangka menyambut bulan puasa sekaligus sebagai sarana perkenalan anggota baru Ikatan Mancing Casting Sukoharjo menggelar acara  Kopdar IMCS 2018 yang berlokasi di Jembatan Tugel Pokoh Wonogiri. Acara yang dimulai langsung pada pagi hari dan berkumpul jam 10 pagi untuk pengesahan penilaian menggunakan kategori ikan Hampala Terpanjang. Lokasi sepanjang Bengawan Solo mulai dari pintu PLTA hingga Jembatan Timang Wonogiri diikuti lebih dari 30 peserta yang berasal dari sekitar wilayah Sukoharjo antara lain Wonogiri, Karanganyar, Solo dan Sukoharjo sangat meriah dengan adanya hadiah utama sepaket alat mancing BC dan hadiah undian yang berupa reel BC serta jemper mancing.
Pada akhir acara penyerahan hadiah ikan Hampala Terpanjang dimenangkan oleh Ignatius Bimo Setiabudi dari Solo Baru yang berhasil landed Hampala sepanjang 52cm dan berhak atas hadiah alat BC persembahan Ria Sari Sport Fishing Tawangsari Sukoharjo. Bimo juga bernasib baik alias hoki karena juga berhasil membawa pulang hadiah undian utama sebuah reel bc persembahan Marmot Pancing Colomadu sehingga Doble Strike.
Berikut adalah beberapa photo yang berhasil diabadikan dalam gelaran acara Kopdar IMCS 2018


Seru Rame dan Kocak

33 peserta hadir dalam acara Kopdar IMCS 2018
Juara Hampala Terpanjang 52cm oleh Bimo
Lulus Hampala perdana oleh Nur Cahyo
Acara Kopdar Halal Bi Halal IMCS 2018:

IMCS selalu solid dan kompak

Acara Halal Bihalal IMCS 2018  diadakan pada
Hari Minggu 24 Juni 2018
Lokasi Telaga Claket Sendang Iji Selogiri Wonogiri
HTM 10rb untuk tiket masuk kolam
Jenis ikan bawal, gabus, hampala dan aneka ikan putihan
Acara ini membawa kesan tersendiri bagi para anggota IMCS yang datang dari berbagai kota di Solo raya seperti Klaten, Boyolali, Solo, Karanganyar dan juga Wonogiri. Para anggota tuan rumah yaitu Sukoharjopun hadir dalam rangka sebagai pemersatu kesolidtan IMCS sebagai group casting yang sudah bertaraf nasional dan dikenal publik


Acara sendiri dimulai sejak pagi hari bahkan beberapa peserta datang sebelum pintu Obyek Wisata telaga Claket dibuka, karena memang sudah sering berkunjung dan merupakan anggota IMCS pun tanpa sungkan dan sudah dipahami oleh pengelola Telaga Claket. 
Double Strike Ikan Gabus

Sejak pukul 7 pagi peserta yang kurang lebih berjumlah 40 orang beruturut turut hadir dan langsung mencoba spot telaga Claket yang memang terkenal dengan ikan bawalnya. Strike pertama yaitu ikan gabus kocolan oleh sodara Fharrief dari Solo, kemudian tidak berselang lama sodara Nattuna dari Sukoharjo berhasil strike babon gabus kurang lebih berat 2kg bersama Tonny Nyonyo akhirnya berphoto bersama dengan ikan. Setelah agak siang Agung Hercules dari Boyolali berhasil landed baby hampala sepanjang kurang lebih 25cm dan penutup strike oleh adik dari Nico Afitzal.

Ikan Bawal Telaga Claket
Lek Wari dapat doorprize

Hercules strike baby Hampala Claket

Setelah acara casting selesai dilanjutkan acara pengundian doorprize persembahan Ria Sari Sport Fishing yaitu toko pancing yang berada di Tawangsari Sukoharjo tepatnya sebelah utara Tugu Tawangsari depan Indomaret. Ria Sari Sport Fishing mempersembahkan 1 buah lips grip ikan dan 4 buah lure sebagai tanda kenang-kenangan bagi para peserta Halal Bi Halal yang hadir. Acara kemudian ditutup pada pukul 12 siang, namun beberapa peserta masih melanjutkan acara mancing baik di Telaga Claket maupun di Bengawan Solo.

Demikian tadi kilasan Kegiatan IMCS Tahun 2017-2018 semoga catatan ini bisa menjadi sebuah evaluasi dan motivasi agar ke depan Ikatan Mancing Casting Sukoharjo semakin solid, kompak dan terus berkembang hingga generasi berikutnya dan bisa menjadi sejarah bagi IMCS di masa mendatang. Terima kasih atas kesediaan para pembaca untuk terus mengikuti blog ini dan semoga tulisan-tulisan di blog kami ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment