Saturday, March 2, 2019

Tokos Untuk Mancing Ikan Nila


Tokos berbahan graphite


Alat pancing berbagai macam perlengkapannya mulai dari joran, reel, senar, pelampung, timah dan umpannya. Kali ini akan kami ulas mengenai salah satu jenis reel untuk mancing yang biasa disebut dengan Tokos atau Cheer (istilah pemancing Solo). Tokos memiliki bentuk kecil dan imut yang biasa dipadukan dengan joran tegek. Besar dan kecilnya disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tegek sendiri biasanya dipilih yang berbentuk kecil dan imut dengan bahan plastik maupun metal tergantung pada pilihan si pemancing sendiri. Harga tokos bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Baik yang produksi massal pabrik ataupun bikinan sendiri bagi yang kreatif.
Untuk saat ini anyak dijual tokos berbahan plastik dengan harga murah meriah antara 20-30 ribu rupiah saja perbuah, namun kelemahan tokos berbahan plastik adalah mudah sekali rusak, patah dan pecah apalagi jika terjatuh sehingga kurang diminati bagi pemancing yang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh untuk menuju spot m,ancing karena rawan untuk bermasalah dalam perjalanan dan kurang awet. Ga lucu kalo sampai di lokasi pemancingan alatnya rusak sehingga gagal mancing.
Pilihan kedua adalah tokos berbahan alumunium dimana selain kuat juga ringan, namun juga butuh perawatan rutin agar tetap lancar gulungannya dan tidak macet karena korosi dan karat. Tokos alumunium juga berpenampilan menarik sehingga sedap dipandang mata dan juga menambah keindahan penampilan dalam kegiatan memancing.

Tokos berbahan alumunium

Ada juga tokos dari bahan logam biasanya dibuat secara handmade oleh pemancing dengan berkreasi, tokos jenis ini jika dijual harganya justru lebih mahal karena tingkat pembuatannya membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Untuk 1 buah jenis tokos model handmade bisa berharga diatas 100 ribuan perbuahnya. Selain cantik juga memiliki nila seni dan artistik bagi para pecinta dunia mancing yang berkelas dan bercita rasa seni.
Perawatan tokos pada umumnya dilakukan setelah kegiatan mancing dengan cara membersihkan dari kotoran yang menempel. Merawat tokos cukup direndam atau dibasuh air hangat dan dilap setelahnya dengan kain kering. Jika perlu bisa menggunakan sabun cuci untuk melunturkan kerak yang menenmpel pada bagian tokos. Untuk bagian yang terdapat bearing atau laker bisa disemprot dengan minyak pembersih yang banyak dijual di toko toko alat perlengkapan motor (chainlube) sehingga bearing tetap lancar dan siap untuk diajak memancing kembali.

Tokos berbahan metal

Demikian tadi ulasan mengenai reel mancing yang bernama tokos semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda terhadap alat pancing kesayangan anda semua dan bisa menjadi rujukan referensi untuk memilih alat pancing yang tepat bagi aktivitas memancinag anda sekalian. Terima kasih dan silahkan ikuti terus ulasan ulasan mengenai berbagai jenis alat mancing dan reportase mengenai ddunia mancing di blog ini. Kritik dan saran serta ide selalu kami tunggu pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment