Sunday, August 12, 2018

Cara Membuat Umpan Stickbait WTD

Stickbait WTD Army Look

Salah satu umpan tiruan yang banyak dipakai para pemancing Hampala dan menjadi favorite adalah umpan stickbait dengan action WTD. Umpan ini disukai karena action yang geal-geol bak penari ini sangat memanjakan mata terlebih ketika kita dibuat kaget jika lure ini disambar ikan Hampala. Dalam ulasan berikut ini kami tulisankan Cara Membuat Umpan Stickbait dengan action WTD secara mudah dan dijamin geal-geol. Kita hanya membutuhkan model atau gambar sebagai bahan referensi bentuk yang kita inginkan karena banyak sekali model lure stickbait yang ada namun yang telah menjadi favorite kebanyakan berbentuk Banana Boat.
Pertama kita siapkan Bahan dan Alat dalam Cara Membuat Umpan Stickbait WTD. Untuk bahan utama tentu kita gunkan kayu yang mudah mengapun di atas permukaan air karena lure ini tergolong Top Water lure yang bergerak diatas permukaan air. Selain kayu kita siapkan kawat SS atau kawat stainless steel yang kuat dan tidak mudah berkarat. Kemudian jangan lupa lem korea, timah pemberat (timah mrica) dan cat sebagai pemanis.
Dalam Cara Membuat Umpan Stickbait WTD untuk peralatan kita siapkan gergaji atau pisau cutter, spidol dan amplas. Gunakan peralatan dengan hati-hati agar tidak membahayakan diri kita terutama bagian tangan, karena cutter tajam bisa saja melukai jika kita hati-hati serta lem korea yang terkenal panas jika terkena bagian kulita kita. Tetap hati-hati ya.
Langkah pertama Cara Membuat Umpan Stickbait WTD adalah buatlah pola pada kayu dengan meniru gambar stickbait yang sudah ada bentuk sesuai pola tadi dengan spidol. Setelah itu potong dan rapikan sesuai pola yang sudah kita buat tadi. Rapikan dan perhalus dengan amplas kayu. Untuk pemasangan kawat belah bodi tadi dan masukkan kawat SS kemudian tutup dengan serbuk kayu dan gunakan lem korea sebagai perekatnya kemudian perhalus dengan amplas. Jangan lupa masukkan timah mrica sebagai penyeimbang. Letakkan posisi timah diantara ring tengah dan ring belakang dan tutup kembali dengan lem korea haluskan dengan amplas.
Stickbait WTD Handmade

Setelah semua sudah sesuai dan halus lapisi dengan lem korea kembali seluruh permukaan bodi stickbait tadi. Setelah itu barulah gunakan cat sebagai pemanis dan warnai sesuai selera. Jika anda kebetulan tidak ada kayu bisa juga menggunakan sikat gigi bekas dan lakukan sesuai tahapan diatas tadi. Yang menjadi kunci dari stickbait adalah bentuk yang presisi dan letak timah yang tepat. Mungkin 1-2 kali percobaan anda masih gagal, coba terus dan temukan setting yang pas dalam  pembuatan stickbait WTD. Bodi stickbait yang presisi merupakan kunci anda dalam menentukan action yang diinginkan. Sebisa mungkin buatlah bodi yang pas sesuai dengan model yang sudah ada.
Untuk mengetest hasil karya anda sebelum mencoba di spot sebaiknya check dulu dengan cara menaruh umpan stickbait anda dalam ember berisi air, jika posisi berada diatas permukaan air dengan bodi terendam sebagian dan membentuk sudut 75 derajat maka 90% kemungkinan action WTD akan berhasil. Jika tenggelam jelas anda sudah gagal kecuali anda rubah untuk dijadikan swimbait dimana action pun mirip WTD hanya saja bermain dibawah permukaan air. Umpan Stickbait WTD adalah umpan top water alias berada di atas permukaan air lho ya.
Demikian Ulasan Cara Membuat Umpan Stickbait WTD ala K-Lures. Kami juga menerima pesanan pembuatan Stickbait jika anda tertarik untuk mencoba produk kami, namun alangkah baiknya jika anda semua mencoba sendiri untuk membuat Stickbait WTD handmade sendiri.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pecinta casting khususnya pemburu Hampala. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar dan bagikan jika dirasa tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Lure Handmade.

No comments:

Post a Comment