Tuesday, August 28, 2018

Cara Mencegah Benang PE Putus Saat Casting

Duraking Genesis

Tali pancing berupa benang PE kini sudah banyak digunakan dan umum bagi para penyuka tehnik casting. Ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu mengenai benang PE ini agar kita dapat mendapatkan manfaat yang maksimal sesuai dengan yang kita harapkan. Antara lain kita harus paham Cara Mencegah Benang Putus Saat Casting agar kita tidak kehilangan lure dengan pebuh kekecewaan karena satu buah lure tentu sangat berharga apalagi jika kita susah payah dalam membelinya.
Dari beberapa merk benang braid/nylon ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari uang kocek yang anda keluarkan untuk membeli benang braid tersebut. Perhatikan harga dan merk. Jika harga terlalu murah bisa dipastikan kualitas tidak begitu bagus. Merk atau brand terkenal bisa dijadikan acuan namun tidak mutlak. Cara memilih ukuran sesuaikan dengan kebutuhan anda apakah untuk ikan besar, sedang atau kecil. Perhatikan juga tackle balance anda yaitu ukuran pada joran yang tertera pada blank joran diatas reelseat, biasanya ditulis dengan kode LBS.Jika anda memilih casting fresh water gunakan ukuran PE1-PE4 disesuaikan dengan kebutuhan anda, namun jika anda ke salt water seluruh ukuran mulai PE1-PE8 bisa dipilih tergantung set tackle yang anda gunakan.
Hal-hal yang menyebabkan benang PE mudah putus adalah jika anda menggunakan ring guide keramik pada joran anda maka check secara berkala kondisi ring guide agar jika ring guide pecah dapat segera diganti dengan yang baru. Ring guide yang pecah dapat melukai benang pe anda. Pilih ring guide jenis Silicone Carbide yang lebih aman dan tidak mudah rusak. Selain itu jika abda pemakai reel bc lihat pada jalur line guide. berikan tambahan ring guide tip tip jika memang landasan benang keluar tidak full.
Perawatan terhadap benang PE juga membantu anda untuk mencegah terjadinya benang PE putus saat casting. Jika anda ingin benang PE anda awet cukup olesi baby oil setelah melakukan kegiatan casting saat anda juga membersihkan sisa kotoran pada peralatan casting lainnya seperti reel dan joran. Benang PE merupakan nyawa saat anda casting sebab itu anda harus lebih teliti dan memberikan perhatian lebih agar anda lebih dapat menemukan feel dari casting tersebut.
Selanjutnya usahakan mengecek benang PE setelah anda selesai melakukan aktivitas casting terutama di spot yang penuh semak belukar atau sawah penuh tanaman padi karena gesekan dengan tumbuhan tadi bisa berakibat fatal yaitu melukai benang PE anda. Kebanyakan benang dengan X8 tidak serta merta putus namun luka pada benang tadi suatu saat bisa menjadi penyebab mengapa benang putus saat melemparkan lure. Jika anda pemakai spinning check bail arm dan rollernya. Pastikan roller sesuai dengan kondisi normal sehingga tidak menjepit benang PE.
Hentakan yang mendadak dapat mengakibatkan benang PE putus terlebih jika memang sudah ada luka pada benang PE tersebut. Nah semoga ulasan ini bisa membantu anda para pembaca sekalian dalam Cara Mencegah Benang PE Putus Saat Casting semoga informasi ini bisa membantu anda mencegah hilangnya umpan saat casting dan membantu anda mengantisipasi kekecewaan anda.

No comments:

Post a Comment