Friday, August 24, 2018

Mancing Ikan Bawal di Solo

Mancing Ikan Bawal di Solo

Ikan Bawal dikenal sebagai ikan yang mempunyai sensasi tarikan luar biasa. Ikan ini banyak digunakan sebagai ikan turnament khususnya di pemancingan Bawal di wilayah Solo Raya. Salah satunya di Pemancingan Bawal Banyu Biru. Pemancingan yang buka setiap hari Senin, rabu dan Jum'at mulai pukul 19:00 WIB ini  memungut pembayaran 55 ribu untuk 1 sesi selama 2 jam dengan sistem Galatama Bawal Master. Kolam memiliki lapak hingg 100 lapak ini sangat cukup luas dan nyaman bagi para strike mania Bawal. Dengan jackpot ikan master 7kg up dengan nominal yang wah. Mancing Ikan Bawal di Solo pun juga sangat digemari karena  jadwal event yang digelar setiap minggu. Jika anda ingin sekedar memancing tanpa perlu repot mencari lokasi/spot dan lebih menyukai mancing kolaman silahkan coba datang ke Pemancingan Bawal Banyu Biru yang terletak di Desa Bulakrejo sukoharjo atau sebelah utara dari RS Nirmala Suri Bulakrejo.

Sebagian besar warga Solo Raya pasti sudah pernah mendengar bahkan mungkin juga datang ke Taman Balekambang di belakang stadion Manahan Solo. Tempat rekreasi di tengah kota Solo ini sangat menyegarkan untuk sekedar melepaskan penat di kala hari libur. Salah satunya adalah terdapat kolam pemancingan yang berada di sisi utara dari taman ini. Bagi para pemancing Solo dan sekitarnya Taman Balekambang bisa menjadi ajang hiburan di kala waktu senggang setelah beraktifitas.
Umpan Uler Bumbung
Kolam MCC Balekambang juga rutin mengadakan event lomba setiap minggunya yang berhadiah lumayan untuk sekedar mengganti umpan pancing. Selain itu kolam ini menawarkan paket mancing Catch and release yaitu ikan harus dikembalikan ke kolam setelah landed. Sebagai penawar boncos akut tentu sangat menyenangkan dengan harga sewa yang relatif terjangkau yaitu 30 ribu per 2 jam atau 60 ribu untuk full day 8 jam.  Ikan yang adapun bervariasi, didominasi ikan bawal namun juga terdapat Red Tail Fish alias lele import, Patin, Arapaimana, Peacock Bass dan lainnya seperti lele dan juga gabus. Jika anda tertarik bisa langsung cuss kesana buka setaiap hari mulai jam 8 pagi.

Salah satu ikan asing yang kini banyak dibudidayakan adalah ikan Bawal. Ikan yang masih termasuk kerabat ikan Piranha dari sungai Amazon ini kini banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Memiliki karakter Omnivora yang memakan segala jenis makanan seperti keluarga catfish menekan biaya produksi pembudidayaan ikan yang masuk golongan ikan konsumsi.


Ikan Bawal memang banyak memiliki variasi jenis. Namun yang palin terkenal adalah Black Pacu alias bawal hitam. Ikan ini sanggup tumbuh diatas 10 kg sehingga sangat disukai para penggila mancing galatama. Banyak sekali kolam-kolam galatama yang menjadikan Black Pacu sebagai ikan target alias ikan maskot.

Nah apa saja umpan yang cocok untuk ikan bawal ini? Salah satunya adalah jadah. Ya makanan khas dari Jawa ini sangat disukai oleh bawal terutama bawal yang sudah sering digunakan untuk lomba. Jadah merupakan panganan khas yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dikukus kemudian dilembutkan dengan cara ditumbuk. Ada beberapa pilihan essen yang bisa dipakai sebagai campuran, anda bisa memilih sesuai selera.

Sedangkan untuk umpan lainnya adalah jangkrik, kacang, bahkan anda bisa juga menggunakan kluwak bahan masakan rawon. Pada dasarnya hanya ada 2 jenis umpan yang masuk untuk lomba Galatama yaitu wangi dan amis. Nah siapkan saja 2 macam aroma tersebut dan silahkan dicoba mana yang cocok saat itu untuk lomba, apakah amis ( bisa diambil dari berbagai macam lemak hewan) maupun wangi (bahan makanan seperti keju,pandan, buah dll).Sedangkan untuk casting Lure/umpan tiruan yang sering dimakan oleh ikan bawal adalah Minow, Stickbait, Popper, Inline spinner dan soft lure.

Untuk penyesuaian umpan silahkan check terlebih dahulu aturan yang dipakai dalam lomba galatama agar anda tidak terkena disqualifikasi. Walaupun memang masih ada pro kontra tetapi Galatama merupakan salah satu ajang mancing hiburan pelepas penat asalakan kita juga kontrol dalam pelaksanaannya. Apapun tehnik mancing anda itu adalah ajang untuk hiburan bukan untuk ajang-ajang yang lain karena pada dasarnya inti dari kegiatan memancing adalah untuk bersenang senang dan hiburan bukan untuk semakin menambah beban hidup.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai Mancing Ikan Bawal di Solo yang kami rangkum dari hasil penelusuran serta wawancara dengan para pemancing ikan bawal di Solo. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan bagi para pembaca sekalian mengenai ikan bawal.

No comments:

Post a Comment