Friday, August 31, 2018

Perbedaan Section Pada Joran Casting

Traveller Rod

Sebagai salah satu syarat wajib dalam memancing fungsi joran casting tidak bisa dipisahkan dari kegiatan hobi yang satu ini, terlebih jika anda adalah penggila casting maka wajib hukumnya untuk menggunakan joran sebagai pelengkapnya. Tahukah anda bahwa joran terbagi berdasarkan section? Ada model One Piece. Two Pieces, Four Pieces serta model But Joint, Mid Joint. Nah apa saja Perbedaan Section Pada Joran Casting ini menurut kelebihan dan kekurangannya? Kita bahas kali ini dari rangkuman berbagai sumber.
Joran One Pice terdiri dari 1 bagian utuh dari pangkal hingga ujung joran. Biasanya joran model seperti ini dibuat dari bahan solid carbon namun ada juga yang berasal dari hollow carbon. Model ini secara kekuatan paling bagus dari segi bending dan lifting namun jelas karena bentuknya yang utuhan sedikit bikin ribet, sehingga muncul model butt joint yang merupakan model 2 pieces dengan sambungan pada pangkal joran (kebanyakan digunakan pada model joran jigging). Untuk joran casting pada umumnya terdiri dari 2 bagian atau two pieces. Selain lebih ringkas dan tidak ribet untuk dibawa kemana-mana model 2 pieces ini dari segi kekuatan lebih riskan 1 level dengan model one piece tadi karena adanya sambungan pada bagian tengah (mid joint) sehingga beban ikan lebih condong bertumpu pada bagian atas joran. Jarang sekali model 2 pieces ini patah pada bagian pangkal joran. Kebanyakan jikapun salah penggunaan akan patah pada bagian top section  alias bagian sambungan atas.

Joran UL 

Model yang terakhir adalah Traveller Rod dengan model 4 section. Model ini paling simple dan mudah dibawa bepergian sehingga dijuluki Travelller Rod. Bagi para pemancing yang sering bepergian keluar kota untuk bekerja atau berbisnis dan hobi memancing maka pilihan joran yang pas adalah model Traveller Rod ini hanya saja untuk pemakaiannya harus lebih extra hati-hati karena dengan 4 bagian tentu saja daya bending dan liftingnya paling rendah dibandingnkan model lainnya. Model ini memang dibuat agar simple dan mudah dibawa kemanapun anda pergi.
Nah demikian tadi ulasan mengenai Perbedaan Section Pada Joran Casting semoga bisa menjadi bahan acuan dan rujukan jika anda ingin melengkapi alat mancing anda dan bisa menjadi pertimbangan sebelum anda membeli joran casting yang tepat guna sesuai kebutuhan aktivitas memancing anda sekalian.

No comments:

Post a Comment