Friday, August 31, 2018

Perbedaan Penggunaan Umpan Stickbait, Minnow, Spoon dan Mini Popper Untuk Hampala

Hampala Bengawan Solo dengan umpan minnow

Ikan Hampala memang salah satu jenis ikan predator air tawar yang sangat menjadi dambaan para pemancing casting. Tenaga dan kekuatan rahang Ikan Hampala menjadi sebuah misteri yang akan selalu menjadi buah bibir bagi yang pernah merasakan sensasi tarikan ikan yang satu ini. Kali ini akan kami ulas mengenai Perbedaan Penggunaan Umpan Stickbait, Minnow, Spoon dan Mini Popper Untuk Hampala agar anda para pembaca sekalian dapat melihat cara tepat guna dalam memilih umpan yang tepat dan bisa merasakan strike yang maksimal.Dalam ulasan sebelumnya sudah kami sampaikan bagaimana cara membuat umpan tersebut diatas secara hand made. Nah sebagai lanjutannya kami berikan ulasan tentang aplikasi dari umpan-umpan tiruan tersebut pada lokasi spot dan kondisi spot yang tepat agar lebih maksimal kemampuan umpan tiruan yang sudah anda buat ataupun anda beli dari toko pancing.
Umpan Stickbait adalah umpan tiruan berbentuk ikan, dengan action wtd dan merupakan jenis umpan top water. Umpan Stickbait hampir mirip dengan minnow hanya saja tanpa lips/lidah pada bagian depannya. Cara memainkan stickbait agar menghasilkan action WTD adalah dengan jerking atau memberikan sentakan kecil secara konstan pada ujung joran casting. Akan lebih bagus jika joran casting yang digunakan mempunyai karakter lentur atau dengan batasan 6-12 LBS untuk ukuran maksimal. Hal ini agar tangan kita tidak akan mudah capek dalam memainkan jenis umpan stickbait ini. Stickbait akan bagus digunakan pada kondisi air yang tenang, dangkal dan atau berarus kecil supaya action WTD tadi dapat keluar dengan sempurna. Sentakan kecil akan membuat stickbait bergoyang kanan kiri sehingga akan lebih menarik jenis ikan hampala untuk menyambar. Anda sebaiknya menggunakan stickbait apabila hampala sudah terlihat memburu mangsanya atau jika anda sudah yakin posisi serang dari ikan hampala dalam menyergap mangsanya. Penggunaan trible hook secara umum digunakan pada setiap stickbait, namun jika anda ingin sensasi lain silahkan ganti dengan single hook dengan catatan akan terjadi miscal alias ikan hampala tidak pas dalam menyambar umpan sehingga dengan single hook tingkat kesulitannya akan lebih tinggi dan anda siap dengan resiko tersebut.
Selanjutnya dalam ulasan Perbedaan Penggunaan Umpan Stickbait, Minnow, Spoon dan Mini Popper Untuk Hampala umpan kedua adalah minnow dimana umpan ini ada berbagai macam type baik floating ataupun sinking. Floating mengacu pada posisi minnow setelah dilemparkan ke air maka berada diatas permukaan air alias mengambang sedangkan sinking adalah ketikan minnow menyentuh air langsung turun ke dalam air alias tenggelam. Ada juga type minnow sinking dan flutter yaitu ketika turun mengeluarkan gerakan goyang-goyang dan biasanya jenis ini sangat disukai ikan Hampala. Type minnow berdasarkan kedalamannya pun terlihat dari panjang lidahnya, semakin panjang lidah maka kedalaman minnow tersebut menyelam juga akan semakin jauh turun ke bawah. Untuk hampala biasanya jenis lidah pendek akan sangat cocok agar umpan juga lebih aman dari sangkutan pada dasar air. Minnow digunakan pada kedalaman air antara 2-3 meter agar lebih menggoda ikan hampala yang bersembunyi di dasar permukaan air. Soal warna ada beberapa panduan, jika air keruh gunakan warn-warna terang atau norak semisal pink, stabillo dan kuning. Untuk air jernih gunakan warna realistic semisal hijau, hijau muda dengan aksen hologram.
Untuk penggunaan spoon hampir mirip dengan minnow hanya saja spoon akan lebih bagus digunakan pada air dengan arus yang deras namun dangkal. Putaran pada spoon akan lebih bagus jika anda tambahkan rollin swifel pada snap anda dan berikan leader 1,5X panjang joran agar PE anda tidak melintir. Spoon warna gold atau emas saat ini cenderung lebih disukai daripada spoon warna silver namun semua tergantung pada sugesti masing-masing mana menurut anda yang paling cocok.
Dan ulasan terakhir dalam Perbedaan Penggunaan Umpan Stickbait, Minnow, Spoon dan Mini Popper Untuk Hampala adalah mini popper, umpan yang memiliki cekungan pada bagian depan ini sangat pas digunakan pada posisi arus setengah deras. Cipratan yang dihasilkan oleh mini popper juga akan menarik perhatian ikan hampala untuk keluar dari sarangnya. Permainan action dari mini popper memberikan sentakan pada ujung joran secara periodik dengan sedikit jeda antara 2-3 detik setelah disentakkan. Dengan cipratan/splash air yang dihasilkan akan sedikit membangunkan ikan hampala yang terdiam menunggu mangsa dan akhirnya kan keluar sarang dan memburu mini popper anda.
Nah demikian tadi sedikit ulasan mengenai Perbedaan Penggunaan Umpan Stickbait, Minnow, Spoon dan Mini Popper Untuk Hampala yang kami rangkum berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan selama ini. Jika masih ada kekurangan mohon dikoreksi dengan memberikan komentar pada kolam dibawah tulisan ini. Jika bermanfaat silahkan bagikan informasi ini kepada para teman anda sekalian. Sekian dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment