Monday, September 3, 2018

Casting Hampala di Bengawan Solo

Hampala Bengawan Solo
Hampala sebagai salah satu ikan Piala para pemancing casting atau castinger adalah ikan air tawar paling sensasional ketika fight dengannya. Apalagi jika umpan yang anda gunakan adalah jenis umpan top water seperti mini popper atau stickbait maka dijamin sensasinya kan terasa berlipat. Suara jedoran ketika ikan menyambar lure dipermukaan akan menggetarkan hati setiap angler yang berburu ikan ini, ditambah tenaga yang bagaikan torpedo ketika umpan berhasil hook up mengenai moncong si tompel. Berikut ini akan kami ulas mengenai Casting Hampala di Bengawan Solo sebagai sungai terpanjang di pulau Jawa.
Dari informasi serta bukti otentik dari angler kawasan Solo Raya, saat ini rekor hasil Casting Hampala di Bengawan Solo Terpanjang masih berada di angka 59cm yang telah 2X naik dan landed serta saksi yang valid sementara dipegang oleh Ardhi dan Pak Genjik anggota Ikatan Mancing Casting Sukoharjo. Salah satu ciri hampala tersebut adalah adanya codet atau goresan dibagian pipi si tompel. Rekor ini terjadi tahun 2015 ketika musim Casting Hampala di Bengawan Solo.
Ikatan Mancing Casting Sukoharjo saat mengadakan kontes photo Casting Hampala Terpanjang di Bengawan Solo untuk memecahkan rekor tersebut diatas sekaligus sebagai acara memeriahkan HUT RI ke 72. Nantinya acara kontes photo Hampala Terpanjang Bengawan Solo akan digelar rutin setiap tahun untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI serta sebagai bentuk pendataan habitat Hampala di Bengawan Solo khususnya aliran yang melewati kawasan Solo Raya.
Hampala sebagai ikan predator air tawar memiliki tenaga yang kuat serta rahang yang harus kita waspadai. Mengapa? karena 2 penyebab inilah yang biasanya membuat kita batal photo bersama sang predator. Hook patah, mbenggang serta tali yang putus adalah akibat dari kedua faktor diatas. Lalu bagaimana solusi agar semua tadi dapat kita atasi?
Tips mencegah hook rusak saat Casting Hampala di Bengawan Solo
Pertama, jelas kita harus memilih hook atau mata kail yang berkualitas, bisa memilih trible hook atau single hook. Jika kita memilih trible hook masih ada kemungkinan lure akan hilang karena nyajen kenapa bisa begitu? Typikal spot Casting Hampala di Bengawan Solo yang berbatu dan karang bisa membuat trible lebih mudah nyantol sehingga kemungkinan nyajen pun lebih besar, berbeda pada penggunaan single hook dimana bisa kita atur sedemikian rupa posisinya sehingga meminimalisasi kemungkinan hook menyangkut pada batu dan karang serta hal lainnya di sungai.
Kedua, cara handling yang benar saat fight dengan hampala. Handling yang benar akan mengurangi resiko ikan terlepas dan moncel. Sebaiknya kita memanfaatkan fungsi drag pada reel sehingga kita lebih leluasa melawan sang predator. Ikan diberikan kesempatan untuk melawan dan disitulah sensasinya saat kita fight dengan predator yang satu ini.
Hook bawaan pada lure dibawah harga 50 ribu biasanya berkualitas kurang bagus sehingga kita pun harus mengganti dengan yang lebih baik, walopun memang bukan jaminan hook bermerk akan tidak patah atau mbenggang namun ini langkah awal karena dengan hook bawaan dipastikan resiko moncel akan lebih besar. Pilih hook yang tebal dan kuat. Rahang hampala bisa mematahkan hook bermerk sekalipun tergantung pada posisi dimana rahang melahap umpan kita.
Ya itulah salah satu tantangan saat casting hampala bahwa sambaranpun belum tentu dipastikan sukses. Bagi yang pengen mencoba silahkan saja mumpung musim sudah menejelang kemarau dimana ikan hampala akan lebih agresif dalam memburu mangsa.
Dalam rangka menyambut bulan puasa sekaligus sebagai sarana perkenalan anggota baru Ikatan Mancing Casting Sukoharjo menggelar acara Mini Kopdar IMCS 2018 dengan tema Casting Hampala di Bengawan Solo yang berlokasi di Jembatan Tugel Pokoh Wonogiri. Acara yang dimulai langsung pada pagi hari dan berkumpul jam 10 pagi untuk pengesahan penilaian menggunakan kategori ikan Hampala Terpanjang. Lokasi sepanjang Bengawan Solo mulai dari pintu PLTA hingga Jembatan Timang Wonogiri diikuti lebih dari 30 peserta yang berasal dari sekitar wilayah Sukoharjo antara lain Wonogiri, Karanganyar, Solo dan Sukoharjo sangat meriah dengan adanya hadiah utama sepaket alat mancing BC dan hadiah undian yang berupa reel BC serta jemper mancing.
Pada akhir acara penyerahan hadiah ikan Hampala Terpanjang Bengawan Solo dimenangkan oleh Ignatius Bimo Setiabudi dari Solo Baru yang berhasil landed Hampala sepanjang 52cm dan berhak atas hadiah alat BC persembahan Ria Sari Sport Fishing Tawangsari Sukoharjo. Bimo juga bernasib baik alias hoki karena juga berhasil membawa pulang hadiah undian utama sebuah reel bc persembahan Marmot Pancing Colomadu sehingga Doble Strike.
Berikut adalah beberapa photo yang berhasil diabadikan dalam gelaran acara Mini Kopdar IMCS 2018
33 peserta hadir dalam acara
Hampala Perdana
Juara Casting Hampala di Bengawan Solo
Demikian tadi sedikit ulasan mengenai Casting Hampala di Bengawan Solo yang kami rangkum semoga memberikan informasi untuk anda sekalian para pembaca budiman. Berikan komentar di kolom bawah agar tulisan ini bisa kami perbaharui untuk info-info selanjutnya.

No comments:

Post a Comment