Monday, February 18, 2019

Joran Pora Tradisi Pernikahan Unik Ala Pemancing

Joran Pora Tradisi Pernikahan Para Pemancing

Pada awalnya tradisi untuk menyambut pernikahan kawan pemancing ini diadaptasi dari tradisi Pedang Pora yang sudah lazim dilakukan di kalangan militer jika salah satu kawan atau anggotanya meresmikan hubungan ke jenjang pernikahan. Awalnya tradisi Joran Pora dilakukan oleh kalangan pemancing Sidat di Jogjakarta dan karena keunikannya juga memberikan kesan mendalam kini tradisi Joran Pora mulai meluas ke berbagai komunitas pemancing di Indonesia.

Nikahpun Bawa Joran
Sepur Kelinci Rombongan Pemancing
Salah satunya yang akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan oleh para netizen khususnya para pemancing yaitu pernikahan antara Ariyanto (Sukoharjo) dengan Ratih Ayu Anggraini (Klaten) yang diadakan dengan tradisi Joran Pora dikarenakan sang mempelai pria Ariyanto merupakan salah satu pemancing yang tergabung dalam komunitas Mancing Jambal Mania Waduk Mulur. Acara yang digelar di rumah mempelai wanita ini sangat meriah dan memberikan kesan mendalam baik bagi pasangan pengantin maupun rekan-rekannya di komunitas MJMM. Bersama dengan komunitas lain antara lain Pamili dan BAC guyub rukun dalam memeriahkan pernikahan tersebut. Acara yang digelar di Trucuk Klaten ini pun menjadi sebuah berita yang menjadi perbincangan umum dan memberikan sebuah suasana serta hiburan baru bagi para netizen yang dalam beberapa waktu terkhir memang tidak muncul lagi tradisi Joran Pora.

Komunitas MJMM

Dari beberapa photo yang diunggah terlihat keceriaan serta  raut bahagia yang terpancar dari wajah para hadirin. Sebuah kenangan yang akan selalu menjadi cerita di masa depan bahwa dari pemancingpun ada sisi positip yang bisa diambil yaitu terjalin ikatan yang kuat sesama anggota komunitas. Semoga hal-hal positif seperti inilah yang bisa menjadi sebuah kegiatan positif di kalangan pemancing Indonesia bukan saling menjatuhkan satu sama lain. Kebersamaan seperti yang selalu terjalin agar lebih menjadikan para pemancing menyadari bahwa persaudaraan dan tali silaturahmi akan lebih penting dari seekor ikan walaupun ikan merupakan tujuan dari pemancing.
Umpan Uler Bumbung dan Khasiatnya

Berfoto bersama mempelai

Nah bagi anda sekalian para pembaca khususnya yang belum menikah bisa dan sangat boleh sekali menjadikan Joran Pora sebagai agenda nanti dalam resepsi pernikahan anda agar terlihat berkesan dan bisa menjadi cerita bagi anak dan cucu anda sekalian di masa datang. Selamat kepada mas Ariyanto dan mbak Ratih semoga tetap langgeng dan sakinah mawadah warrohmah hingga akhir hayat nanti dan mendapatkan keberkahan dalam pernikahannya....amiiin. (Nur)

No comments:

Post a Comment