Friday, May 17, 2019

Cara Ampuh Mancing Belut Siang dan Malam Hari

Hasil Mancing Belut Sawah

Salah satu kenangan semasa kita kecil adalah mancing belut di area pesawahan sambil menyusuri pematang sawah dengan baju dekil penuh lumpur yang menempel bahkan kadang lumpur pun menempel pada wajah kita. Ya itulah sekelumit cerita tentang anak-anak di kampung yang mungkin saja salah satu pembaca setia blog ini mengalaminya. Nah kali ini bagi yang belum mengalami masa kecil bahagia bisa juga membaca sedikit ulasan mengenai Cara Ampuh Mancing Belut Siang dan Malam Hari yang akan kami ulas secara lebih lengkap dari narasumber yang terpercaya dan sudah terbukti dedikasinya dalam seni memancing ikan licin alias belut ini. Cekidot Gan...
Mancing belut merupakan salah satu tehnik mancing yang kini mulai banyak dilirik kembali oleh para penyuka sensasi strike. Di era millenial ini justru semakin banyak orang tergelitik dengan video yang banyak beredar di salah satu media upload yang menyajikan hiburan lengkap mengenai sensasi mancing belut. Dalam ulasan kami akan lebih jelas mengenai waktu yang tepat untuk memancing belut serta tehnik yang digunakan supaya para pembaca bisa mencoba sendiri dirumah bagaimana mengahasilkan strike ikan belut ini.
Umpan Ulat Bumbung dan Rahasianya

Lokasi Yang Tepat Untuk Mancing Belut

Ada 2 orang narasumber yang berhasil kami wawancarai dan keduanya memiliki masing-masing tehnik yang bisa anda terapkan, baik pada saat siang ataupun malam hari. Mancing belut pada dasarnya hanyalah masalah niat dan kemauan untuk menyusuri tempat yang sekiranya ada belutnya. Hal ini juga bisa menambah pengetahuan kita bagaimana menjaga ekosistem karena saat ini perburuan belut yang menggunakan alat setrum pada dasarnya merusak ekosistem yang ada pada area tersebut. Penggunaan setrum pada area persawahan kini mulai dilarang karena menyebabkan mata rantai ekosistem terputus dan menyebabkan merajalelanya hama tikus. Belut merupakan salah satu predator anak-anak tikus yang banyak berkembang biak di lobang pematang sawah. Dengan semakin sedikit belut yang ada karena setrum secara tidak langsung akan menyebabkan makin banyak tikus yang akan tumbuh dan berkembang biak. Marilah kita pahami betul efek dari setrum belut di sawah.
Cara yang aman dan ramah terhadap ekosistem ini hanyalah dengan mancing (ngurek;Jawa) karena tidak menghabiskan belut secara masif di area persawahan, bahkan kadang akan terjadi moncel karena belut mempunyai tenaga yang kuat dan kadang mematahkan hook serta memutuskan tali pancing anda.

Rangkaian Mata Kail Untuk Mancing Belut

Mancing belut bisa dilakukan siang dan malam hari tergantung waktu longgar yang anda miliki. Cukup dengan senar pancing atau senar layangan (direkomendasikan) dengan ukuran disesuaikan dengan target yang akan dikejar. Jika ukuran jumbo anda bisa memilih ukuran senar dengan diamter lebih dari 0,40mm dengan mata kail diatas ukuran 10 (tergantung selera). Pilihlah mata kail dengan type long shank atau memiliki leher yang panjang agar lebih pas masuk ke mulut belut nantinya.
Jika anda memancing belut pada siang hari pilih lokasi areal persawahan dengan waktu yang tepat yaitu sehabis masa panen hingga menjelang musim tanam. Pilihlah lobang yang benar-benar tepat agar anda tidak salah memasukkan kail ke lobang kepiting sawah. Untuk ukuran belut jumbo biasanya berada pada bagian pinggir selokan atau saluran air, bisa juga sekitar pinggiran rawa. Begitulah cerita dari narasumber pertama yaitu mas Adi dari Begajah Sukoharjo yang selalu mancing belut sebagai salah satu kegiatan untuk menikmati indahnya alam.
Untuk tehnik mancing malam hari anda bisa menyusuri bagian pondasi/batu rai dari saluran irigasi dengan alat tambahan berupa senter. Akan lebih bagus lagi jika anda gunakan senter dengan nyala warna kuning karena lebih ramah terhadap pergerakan ikan belut. Jika kepala belut sudah terlihat di sela-sela pondasi langsung saja siapkan kail dan umpannya dan masukkan ke lobang dimana kepala belut tadi muncul. Nikmati sensasi tarik-menarik dan jangan terburu-buru memaksa belut keluar dari lobang. Buatlah agar belut kehabisan tenaga barulah paksa untuk keluar dari lobangnya atau anda akan merasa kecewa karena putus tali pancing atau hook yang patah, demikian tips dari mas Inok dari Nguter Sukoharjo.
Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai Cara Ampuh Mancing Belut Siang dan Malam Hari semoga bermanfaat, dan bisa anda coba sendiri dirumah. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda sekalian.

No comments:

Post a Comment